WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, ada yang bisa dibantu?
bisnis waralaba

6 Tips penting untuk anda yang ingin membeli Bisnis Waralaba

 

Tips Bisnis Waralaba

Ada banyak sekali orang yang melakukan kesalahan yang sama. Dan sungguh sesuatu yang tidak masuk akal jika anda juga akan melakukan hal yang sama.

Hanya karena anda malas membaca dan memperhatikan dunia disekitar anda.

Jika anda sedang berencana membeli bisnis franchise, maka ada banyak hal yang harus anda ketahui sebelum menentukan pilihan pada waralaba tertentu.

Jika anda mengabaikan beberapa hal yang akan kami bahas dibawah ini, sangat mungkin anda juga akan menyesal seperti pendahulu anda juga merasakannya.

Dan itulah mengapa kami merasa perlu untuk memberikan sedikit pencerahan pada anda agar anda tidak melakukan kesalahan yang sama dengan ribuan orang lainnya.

#1. Jangan Over Budget

Saat akan membeli bisnis waralaba, focus kebanyakan orang hanyalah profit. Padahal profit adalah hasil akhir dari serangkaian proses yang harus anda lalui.

Anda tidak akan mendapatkan profit diawal.

Karena terlalu focus pada profit, maka seringkali kita melupakan hal penting ini.

Apa itu? Uang cash.

Jika anda tidak memiliki uang cash yang cukup untuk menjamin bisnis tersebut jalan sebagaimana mestinya, maka hindari membeli bisnis waralaba tersebut.

Apalagi, masih banyak bisnis waralaba lain yang bisa anda beli.

Dalam perlombaan, tidak akan pernah dilihat bagaimana anda memulainya. Tapi, yang dinilai adalah hasil akhirnya. Sebaik apapun anda melakukannya diawal, tapi jika anda tidak berhasil mencapai garis finis, maka anda kalah.
Begitu juga dengan bisnis anda. Jika uang cash anda tidak mampu membuat bisnis anda terus bernafas, maka anda diambang kegagalan.

#2. Mulailah tentang tujuan anda

Jika anda tidak memiliki tujuan yang jelas, maka anda akan sangat mudah tergoda. Ada ratusan bisnis baru lahir setiap bulannya. Kalau anda tidak mampu menyeleksi bisnis yang sesuai dengan tujuan anda, maka anda akan berada dalam kebingungan.

Anda akan ikut trend yang terkadang justru mematikan langkah.

Itulah mengapa sebelum anda menentukan model bisnisnya, perlu bagi anda untuk menentukan tujuan terlebih dahulu.
Dengan tujuan yang jelas, anda bisa menfilter model bisnis yang sesuai dengan tujuan tersebut.

Pernahkah anda, membuka lemari kain tanpa anda tahu yang sedang dicari. Pernahkah anda, mencari baju padahal yang sedang anda butuhkan adalah sepatu.

Baca juga : Pesan penting dari CEO Amazon untuk para Startup

Itulah yang akan terjadi pada and ajika tidak memiliki tujuan yang jelas sejak awal.

Sekarang mulailah merumuskan tujuan anda dalam bisnis. Ini akan membantu anda dalam memilih bisnis waralaba yang tepat dengan anda.

#3. Bisnis itu tidak mudah tapi seru

Hanya karena ada sebagian orang yang sukses dalam usahanya tanpa upaya yang berat lalu banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis itu mudah. Ini salah besar.

Bagi anda, jika ingin memulai usaha maka mulailah dari kebalikan anggapan tersebut. Anggaplah bisnis itu sulit, butuh waktu yang lama, butuh kerja lebih keras dan bahkan butuh pendanaan yang besar.

Dengan asumsi terbalik ini, anda akan lebih siap menghadapi berbagai kemungkinan saat bisnis anda mulai jalan.
Tapi, jika anda cenderung menganggap segala sesuatunya mudah. Maka, kami sangat yakin. Anda akan mendapatkan hasil yang sebaliknya dari yang anda harapkan.

Buktikan . . .

#4. Anda butuh Mentor Bisnis

Tahukah anda, factor yang paling banyak berperan dalam kegagalan sebuah bisnis adalah kurangnya pengalaman. Dan disinilah peran mentor bisnis sangat anda butuhkan.

Saat memulai usaha waralaba, anda butuh petunjuk dari orang-orang yang memiliki pengalaman dalam bisnis tersebut. Hal ini tidak saja menghindarkan anda dari kegagalan, tetapi juga akan mengantarkan bisnis anda sukses besar.

#5. Jangan memilih bisnis waralaba hanya karena sudah banyak yang mencobanya

Ada banyak orang gagal dalam bisnis waralaba hanya karena mereka ikut-ikutan. Mereka memilih bisnis tersebut hanya karena sudah banyak orang yang ikut.

Padahal, semakin banyak yang bergabung dalam bisnis waralaba tersebut tentu membuat persaingan akan semakin ketar. Bahkan bukannya tidak mungkin pasar anda akan semakin jenuh.

Tapi, lain hal jika kotanya berbeda. Jika bisnis waralaba sukses dikota lain, anda bisa melihat polanya. Apakah ada kemungkinan akan sukses dikota anda.

Ini adalah bagian yang tidak boleh anda lewatkan.

#6. Mulailah bisnis yang anda sukai. Bukan pasangan atau ayah sukai

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bisnis itu seru. Tidak sulit dan hamper dipastikan tidak mudah. Itulah mengapa anda harus benar benar menyukainya. Karena ini akan membantu anda untuk tetap bertahan saat menghadapi tantangan.

Tapi sebaliknya, anda akan mudah berhenti. Berbalik bahkan menyalahkan orang lain jika anda memilih bisnis bukan yang anda sukai.

Apalagi kalua hanya kerena pasangan anda sukai. Itu salah besar.

Sekali lagi, mulailah bisnis yang anda sukai. Bukan pasangan atau ayah anda sukai.

Setidaknya, itulah beberapa hal penting untuk anda ketahui saat ingin memilih model bisnis waralaba yang akan anda beli dan tekuni.

Kami berharap, dengan mengetahui beberapa factor penting ini. Anda terhindar dari kegagalan hanya karena anda tidak mengetahuinya.

Com Mirza mengatakan, jika anda ingin bisnis anda sukses. Maka cobalah untuk mengedukasi diri anda. Baca sebanyak mungkin buku. Dapatkan informasi penting tentang bisnis lebih banyak dari sekarang, sampai anda benar-benar tahu bisnis yang tepat untuk anda.

Semoga bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *