WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, ada yang bisa dibantu?
onpage seo

SEO Onpage : Elemen Halaman website yang dioptimalkan untuk seo

SEO

Optimasi SEO Onpage

Melanjutkan tulisan kami sebelumnya tentang SEO (Search Engine Optimization). Tulisan kali ini akan lebih banyak membahas mengenai Onpage SEO dan dampak bagi website and ajika anda mengabaikan elemen SEO yang satu ini.

Untuk anda yang merasa masih newbie, luangkanlah waktu anda untuk membaca tulisan singkat ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Perlu diketahui, SEO itu tidak saja melulu tentang backlink dan link building. Ada banyak sekali factor-faktor yang mempengaruhi peringkat website anda di Google Search. Dan backlink hanya satu dari 200 lebih factor penentu ranking website. Dan para penyedia Jasa SEO Website mengetahui ini dengan baik

Ini artinya, jangan terpaku hanya pada backlink saja.

Salah satu jalan memahami on page optimization adalah mengetahui gambaran atau unsur-unsur dari halaman blog yang optimal untuk SEO.

Dari waktu ke waktu, algoritma google terus berkembang. Bahkan, diyakini mesin ini sudah makin cerdas. Indikasinya adalah dengan kemampuan Google dalam memahmi search intenet dari sebuah keyword yang digunakan di google search.

Selain itu, google juga berusaha untuk menampilkan konten yang benar-benar relevan (sesuai search intent) keyword yang diketikan dimesin pencari.

Google dengan mudah dapat membedakan antara keyword “harga seo” dengan “apa itu seo”. Sehingga sebagai praktisi SEO anda juga harus memahami ini dengan baik.

Satu hal lagi yang perlu diketahui, setiap ada update algoritma google, maka juga akan ada update indicator baru sebuah website sesuai guideline google atau tidak.

Jika saat ini anda sudah mengikuti aturan google, bisa saja seminggu kemudian anda dianggap sudah tidak lagi mematuhi aturan google. Karena sudah tidak sesuai dengan update terbaru.

Menggunakan indikator lama, akan membuat Anda keliru membuat konten untuk mesin pencari. Bukan! Saya tidak menyuruh Anda menulis artikel untuk mesin pencari saja, tetapi juga manusia.

Pertanyaannya . . .

Lalu bagaimana supaya kita bisa terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan Algoritma Google yang terkadang sangat cepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Title Tag

Title tag ini masih sangat penting, tapi jangan terlalu berlebihan mengoptimalkannya. Cukup masukkan kata kunci utama di sana. Atau jika suka masukkan juga kata kunci sekunder.

Anda juga bisa memasukan LSI dari keyword utama pada heading 2 dan 3. Sehingga tidak terkesan over optimasi.

Meta Tag Deskripsi,

Walaupun tidak terlalu berpengaruh terhadap peringkat secara langsung, tetapi tag deskripsi dapat mendorong terjadinya klik di hasil pencarian. Dan meningkatkan CTR website anda di SERPs Google.

Keadaan ini juga akan mendorong website anda terus naik. Karena google menganggap relevan dengan search intent keyword yang digunakan.

Url situs,

masih cukup penting memasukkan kata kunci di Url. Kami menyarakan untuk menggunakan url yang tidak terlalu Panjang. Jika halaman anda membahas tentang backlink, maka anda tidak perlu memasukan url yang Panjang seperti : panduan backlink 2018. Tapi, cukup memasukan url dengan “backlink” saja.

Konten

Sekarang ini kata kunci Anda harus selalu didukung dengan kata kunci sekunder. Dan kata-kata lain yang masih mempunyai hubungan semantik. Contoh: Belajar SEO, gunakan kata kunci lain seperti ebook seo, pelajaran seo, search engin optimization, kata kunci dll.

Cara menemukan kata kunci pendukung relatif mudah; gunakan kemampuan bahasa Anda. Atau menggunakan tool seo gratisan yang banyak ditawarkan di internet.

Media seperti Video dan gambar,

Media ini berguna untuk meningkatkan tingkat keterlibatan pengunjung (mengurangi rasio pentalan), dan ini juga muncul di samping hasil pencarian.

Ini memang sedikit menantang, karena harus meluangkan waktu untuk memberikan gambar dan video yang benar-benar relevan dengan konten yang sedang dibahas.

Link internal

Link internal harus digunakan untuk memudahkan pengunjung. Artinya tidak memaksa. Contoh: konten anda tentang riset kata kunci, di dalamnya Anda bisa menge-link ke halaman lain tentang alat untuk melakukan riset kata kunci.

Selain itu, internal link ini juga berguna untuk mengalirkan kekuatan halaman ke halaman lain yang terkait menggunakan anchor text. Sehingga, ketika ingin membuat internal link, gunakanlah dengan tepat dan bijak.

Social Interaction.

Ini juga penting untuk anda perhatikan. Pastikan konten yang anda buat layak untuk dibagikan ke social media. Semakin sering dibagikan, maka akan semakin bagus untuk meningkatkan peringkat halaman website anda.

Pada dasarnya, tidak semua halaman website harus memenuhi kriteria seo diatas. Karena memang masing masing halaman website memiliki tujuannya masing. Misalnya saja halaman produk, tentu saja tidak perlu ada video, kecuali memang dibutuhkan untuk menjelaskan manfaat dari produk.

Itulah beberapa elemen onpage SEO yang perlu anda perhatikan saat mengoptimasi website anda untuk menempati halaman 1 Google dengan mudah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *