Cara memulai bisnis online

Cara memulai bisnis online dari Nol. Newbie Friendly banget

Cara memulai Bisnis Online untuk pemula

Lihat tetangga yang kerjanya santai, tapi bisa beli mobil keren. Cash pula.

Teman kantor ternyata juga punya bisnis sampingan. Asyiknya lagi, bisnis sampingan tersebut tetap jalan walaupun dia tidak hadir setiap hari untuk tongkrongin karyawannya.

Belum lagi berita di TV dan Youtube. Ada banyak anak muda yang sukses bisnis di usianya yang masih sangat belia. Baru usia 24 tahun sudah punya 130 orang karyawan. Omset bisnisnya juga tidak tanggung-tanggung, Milyaran rupiah.

Denger-denger, bisnis yang mereka kelola adalah bisnis online. Pengen juga punya bisnis online seperti itu. Bisa santai tapi tetap menghasilkan.

Tapi, harus tahu dulu cara memulai bisnis online yang menguntungkan seperti mereka.

Setelah browsing sana sini, akhirnya ketemu juga beberapa trik yang mereka lakukan untuk memulai bisnis online. Sebagiannya akan dibagikan melalui tulisan ini.

Miliki pola pikir yang benar

Ternyata, pola pikir besar sekali pengaruhnya pada kehidupan kita. Sampai-sampai dalam memulai bisnis online pun kita harus memiliki pola pikir yang benar.

Dengan mindset yang benar. Sukses dalam bisnis online bukan lagi jadi impian. Tapi, selangkah mendekati kenyataan.

Salah satu pola pikir yang benar dalam memulai bisnis online adalah menguasai ilmunya terlebih dahulu. Tidak sekedar memulai. Tapi harus memulai dengan ilmu.

Saat ini ada banyak sekali sumber belajar yang bisa anda jadikan rujukan. Baik yang gratisan maupun yang berbayar. Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Modal utama anda untuk tahap awal ini hanyalah kemauan belajar.

Cobalah untuk mempelajari skill wajib yang harus anda kuasai untuk memulai bisnis online. Sehingga memudahkan anda dalam menjalankan bisnis nantinya.

Anda bisa melihat daftar skill wajib untuk memulai bisnis online disini.

Tentukan model bisnis yang ingin anda garap

Internet itu ibarat lautan.

Ada banyak ikan yang bisa anda tangkap. Tapi, kita tidak bisa menangkap semuanya sekaligus. Pada tahap awal ini kita harus memilih salah satu dari banyak ikan tersebut.

Jadi, pilihlah satu satu model bisnis yang ingin anda tekuni pada tahap awal ini.

Jika anda sudah memilih, pakailah kacamata kuda. Jangan pernah tergiur oleh bisnis orang lain. Tahukah anda, rumput mereka hijau karena mereka rajin merawatnya.

Kalau ingin rumput anda juga hijau, maka rawatlah dengan baik.

Jika bisnis online anda juga ingin sukses. Fokuslah untuk mengembangkannya. Jangan pernah berfikir untuk berpindah haluan sebelum anda menuntaskan bisnis pertama ini.

Saat ini ada banyak sekali model bisnis yang bisa anda tekuni.

Khusus untuk anda yang baru memulai bisnis online. Model bisnis reseller maupun dropship adalah cara yang paling tepat. Tidak butuh modal banyak, skill yang dibutuhkan juga tergolong minim.

Jika anda masih bingung memilih produk yang layak untuk dijual, tetap kunjungi website kami secara berkala. Karena dalam waktu dekat ini kami ingin membahas tentang Tips cara memilih produk untuk dropship.

Pelajari cara melakukannya

Jika anda sudah menentukan jenis ikan yang mau ditangkap. Langkah selanjutnya adalah menentukan alat yang akan digunakan untuk menangkapnya.

Kami harap anda tidak berfikir menangkap ikan kakap dengan alat penangkap ikan teri.

Ketika anda sudah menentukan model bisnis dan produk yang mau dikembangkan. Selanjutnya cobalah untuk mengetahui cara untuk menjalankannya.

Disini anda dituntut untuk kembali belajar.

Misalnya anda ingin jualan online dengan system dropship. Maka anda harus mengetahui banyak hal terkait dengan bisnis dropshipping ini.

Mulai dari menemukan produk yang bagus, distributor yang bertanggungjawab serta kurir yang tepat untuk calon pembeli anda.

Kita juga harus memiliki “Product Knowledge” yang baik untuk produk yang dipilih.

Jika anda jualan gamis. Pelajari jenis bahannya, kualitasnya serta kelebihan dan kekurangannya.

Pilih Channel Pemasaran online yang tepat.

Sekarang kita sudah punya produk untuk dijual. Lalu, selanjutnya gimana . . .

Langkah penting yang harus anda lakukan saat sudah menentukan produk yang mau dijual adalah memilih channel pemasaran online yang tepat.

Kalau anda jualan jasa kami sarankan pakai channel Google Search menggunakan SEO. Jika jualan produk fashion, kayaknya lebih tepat menggunakan Instagram dan facebook.

Jika anda menjual kursus dan produk digital, tepat sekali jika menggunakan Channel Youtube.

Jadi, masing-masing produk tersebut punya kolamnya masing-masing. Jangan pernah anda menjual barang dikolam yang salah.

Pelajari dengan baik. Produk anda ini cocoknya dikolam yang mana.

Ini bukan berarti jual produk fisik tidak bisa dijual di Google. Bukan begitu maksudnya. Kami menyarankan memilih channel yang tepat agar responnya lebih bagus.

Jualan di channel pemasaran yang tepat seperti jualan nasi pada orang yang lapar. Kemungkinan lakunya lebih besar. Anda juga tidak perlu repot menyakinkan pembeli kalau produk anda bagus.

Tingkatkan nilai konversi

Jika anda sudah mulai jualan. Pengunjung juga sudah mulai berdatangan ke website toko online anda. Langkah penting yang harus anda lakukan selanjutnya adalah meningkatkan konversi.

Konversi = Pengunjung >> Pembeli

Semakin besar persentase pembeli dari pengunjung yang datang, itu artinya konversi produk dan website anda bagus.

Namun jika konversinya rendah. Cobalah untuk mencari tahu penyebab konversinya rendah.

Bisa karena harga produk terlalu tinggi, anda menjual pada orang yang salah, review produk sudah banyak yang negative, pelayanan customer service yang tidak memuaskan atau website toko online anda yang terlalu lambat dan ribet proses pemesanannya.

Optimasi konversi ini sangat vital sekali.

Karena tidak ada gunanya iklan yang anda pasang jika konversinya rendah. Selain membuang-buang duit, ini juga membuang-buang waktu anda.

Scale-up

Jika anda sudah menemukan produk yang bagus. Banyak peminatnnya. Langkah berikutnya adalah melakukan scale up.

Jika anda mendatangkan pengunjung menggunakan Iklan Facebook, maka anda bisa meningkatkan budget iklannya.

Anda juga bisa menargetkan pada market baru.

Inti dari scale up ini adalah meningkatkan keuntungan secara massif. Karena produk yang anda jual sudah terbukti banyak diminati dipasaran.

Kesimpulan

Sekarang anda sudah tahu langkah-langkah sederhana cara memulai bisnis online dari nol. Mulai dari tidak tahu apa-apa hingga anda bisa menghasilkan seperti teman-teman anda.

Agar anda benar-benar bisa mendapatkan uang dari internet, mulailah take action. Praktek sekarang juga. Jangan tunda nanti dan nanti.

Mulailah mempelajari hal-hal yang anda butuhkan untuk memulai bisnis online. Luangkan waktu untuk membaca artikel-artikel tentang bisnis online. Jika memungkinkan, investasikan sebagian penghasilan anda untuk mengikuti workshop bisnis online.

Untuk anda yang ingin mendatangkan pengunjung dari Google Search menggunakan SEO, kami sarankan untuk belajar seo di Kaffah Academy. Disana anda bisa belajar SEO Gratis bahkan juga dipandung membuat website sendiri tanpa sewa penyedia jasa pembuatan website.

Jika anda punya pendapat, pertanyaan maupun masukan terkait tulisan acara memulai bisnis online dari nol ini, silahkan berikan komentar anda melalui kontak komentar.

Kami akan coba bantu bagian-bagian yang bisa kami bantu. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *